Apa sih Manfaat Tes Psikologi untuk Pemohon SIM Baru?

- Advertisement -

Tes Psikologi kini telah diterapkan di berbagai Satpas SIM dan sejumlah layanan SIM keliling dan gerai SIM untuk permohonan SIM maupun perpanjangan SIM. Sebenarnya, buat apa sih proses tes psikologi ini?

Menurut Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin, tes psikologi diadakan untuk mengetahui tingkat emosi pemohon SIM.

“Adapun tes ini meliputi kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri, dan stabilitas emosi,” ujarnya.

Pada ujung-ujungnya, Tes Psikologi bertujuan untuk keamanan bagi pemohon maupun pengguna jalan. Karena perilaku berlalu lintas dipengaruhi oleh faktor kejiwaan.

Pemberlakuan tes psikologi sejak 25 Juni 2018 ini tentu bukan tanpa dasar. Pasalnya, persyaratan ini merupakan tindak lanjut dari pasal 81 ayat (4) Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang juga dituangkan dalam pasal 36 Peraturan Kapolri No. 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Dalam aturan tersebut, persyaratan penerbitan SIM adalah kesehatan, baik jasmani dan rohani. Untuk kesehatan rohan dilakukan dengan materi tes yang akan menilai berbagai aspek kemampuan konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan penyesuaian diri, stabilitas emosi, dan ketahanan kerja. Di sinilah peranan tes psikologi sangat dibutuhkan.

Dalam praktiknya, Tes Psikologi akan dibedakan antara pemohon SIM baru dan perpanjangan SIM. Bagi pemohon baru akan diberikan sebanyak 24 soal, sedangkan pemohon perpanjang mendapatkan 18 soal.

Nantinya, hasil dari tes tersebut bisa didapatkan hari itu juga dalam bentuk surat dan ditarik biaya sebesar Rp 35 ribu. Sementara bagi yang tidak lulus harus mengikuti remedial.

Nah, bagaimana menurut kalian, Roaders? Apakah Tes Psikologi ini bermanfaat atau hanya buang-buang waktu saja?

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima Selama Social Distancing

Social distancing merupakan salah satu cara yang paling direkomendasikan dalam mengurangi tingkat penularan virus corona alias Covid-19. Jika kamu melakukan hal ini dengan berdiam...

Produsen Mobil Listrik Ini Berubah Jadi Pabrik Masker Terbesar di Dunia

Efek dari wabah virus corona hampir mengubah sektor bisnis, tak terkecuali industri otomotif. Di tengah kelangkaan masker, produsen mobil listrik China memutuskan untuk banting...

Italia Diserang Virus Corona, Pabrik Lamborghini Ditutup

Dengan korban meninggal mencapai lebih dari 1.000 orang, tentu saja wabah virus corona di Italia terasa seperti mimpi buruk. Meskipun begitu, sejumlah pabrik milik...

Wabah Corona Membuat Formula E Jakarta Ditunda

Sejak dinyatakan ada kasus pasien positif tertular virus corona atau COVID-19 di Indonesia, tentu sudah bisa dibayangkan akan banyak ajang bertaraf internasional di negeri...

Apa sih Manfaat Tes Psikologi untuk Pemohon SIM Baru?

Tes Psikologi kini telah diterapkan di berbagai Satpas SIM dan sejumlah layanan SIM keliling dan gerai SIM untuk permohonan SIM maupun perpanjangan SIM. Sebenarnya,...