• March 31, 2020

Produsen Mobil Listrik Ini Berubah Jadi Pabrik Masker Terbesar di Dunia

Produsen mobil listrik BYD (foto: Bloomberg)

Produsen mobil listrik BYD (foto: Bloomberg)

Efek dari wabah virus corona hampir mengubah sektor bisnis, tak terkecuali industri otomotif. Di tengah kelangkaan masker, produsen mobil listrik China memutuskan untuk banting setir memenuhi kebutuhan komponen penting ini.

Inilah yang dilakukan BYD, produsen mobil listrik di China yang memutuskan untuk beralih menjadi produsen masker dan hand sanitizer. Hal ini dilakukan demi mengentaskan wabah virus corona di negara tersebut yang dikabarkan telah mengakibatkan lebih dari 3.000 jiwa meninggal dunia.

Seperti diberitakan Bloomberg, setiap harinya BYD telah memproduksi sekitar 5 juta masker per hari. Bahkan pada 22 Februari lalu, produksinya mencapai 54,8 juta masker.

Dengan kapasitas produksi tersebut, tak heran jika perusahaan yang dibekingi Warren Buffet sebagai salah satu pemegang saham ini mengklaim sebagai produsen masker terbesar di dunia.

Produksi kedua komponen penting dalam pencegahan penularan virus corona tersebut dipimpin langsung oleh Wang Chuanfu, selaku founder BYD dengan melibatkan sebanyak 3.000 tenaga kerja. Adapun produksi masker ini menggunakan 90% komponen buatan sendiri, meskipun tidak dijelaskan secara spesifik tipe masker yang diproduksi.

Sekedar informasi, BYD mengawali bisnisnya sebagai produsen baterai untuk ponsel di tahun 1995. Sejak itu, perusahaan ini melebarkan ekspansinya sebagai produsen kendaraan listrik, baterai kendaraan listrik, kereta rel tunggal, semikonduktor, hingga akhirnya menjadi produsen masker.

Ternyata bukan hanya BYD saja yang mengalihkan bisnisnya, Guangzhou Automobile Group yang bergerak di bidang petroleum dan Foxconn yang dikenal sebagai produsen perangkat iPhone juga melakukan hal yang sama. Langkah ini tentu saja patut diacungi jempol mengingat tujuannya untuk menghentikan penyebaran virus di China.

Kira-kira perusahaan di Indonesia ada yang mau meniru langkah ini nggak ya?

Read Previous

Italia Diserang Virus Corona, Pabrik Lamborghini Ditutup

Read Next

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima Selama Social Distancing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *