• March 31, 2020

3 Tanda Freon AC Mobil Sudah Habis

3 Tanda Freon AC Mobil Sudah Habis

Tidak bisa dibantah lagi, air conditioner (AC) merupakan salah satu fitur penting pada mobil. Tanpa fitur AC mobil berkendara terasa tidak nyaman, terutama bagi pengendara di negara tropis seperti Indonesia.

Saat ini memang sudah musim hujan, tapi bukan berarti manfaat dari AC berkurang. Justru ketika hujan, fitur AC menjadi sangat penting karena mencegah kaca berkabut dari dalam yang bisa mengganggu penglihatan ketika berkendara.

Meskipun cenderung berumur panjang, bukan berarti perawatan AC bisa diabaikan begitu saja. Agar bisa selalu dingin, pastikan freon pada AC mobil tetap terisi.

Lalu bagaimana mengetahui apakah freon dalam AC mobil masih ada atau sudah habis? Simak saja pemaparan berikut ini:

1. Jika saat tombol AC mobil dihidupkan hanya ada hembusan angin saja tanpa rasa dingin, itu berarti freon sudah habis. Tanpa adanya freon maka kompresor tidak akan bekerja untuk menghembuskan udara dingin.

2. Extra fan tidak langsung berputar ketika AC dihidupkan. Ini tandanya freon habis, menyebabkan switch pada pipa tidak terhubung sehingga membuat extra fan tidak langsung menyala.

3. Adanya penampakan busa pada check glass receiver drier juga menjadi penanda bahwa freon sudah berkurang atau malah habis sama sekali. Penampakan ini bisa diketahi dengan cara menghidupkan mesin dan nyalakan AC kemudian cek permukaan kaca pada perangkat tersebut.

Jadi, demikian tips mengetahui isi dari freon pada AC mobil kamu. Jika dirasa sudah terasa habis, sebaiknya langsung kunjungi bengkel AC tepercaya.

Jangan menunda-nunda karena akan memicu kerusakan lain yang membuat biaya service atau pergantian perangkat kompresor yang tidak murah.

Read Previous

IIMS 2020 Siap Digelar 9-19 April 2020

Read Next

Apa sih Manfaat Tes Psikologi untuk Pemohon SIM Baru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *