Tips Perawatan Mobil untuk Pemula Agar Performa Tetap Terjaga

- Advertisement -

Buat kamu yang baru pertama kali membeli atau menggunakan mobil, mau tidak mau harus berurusan dengan perawatannya. Tidak usah khawatir, asalkan kamu punya sedikit kepedulian, perawatan mobil tidak sesulit itu kok.

Yang pasti, merawat mobil itu seperti merawat kesehatan diri sendiri. Kamu perlu melakukan perawatan rutin, agar performanya terus terjaga. Kebiasaan kamu sehari-hari dalam berkendara juga mempengaruhi hal ini lho, Roaders.

Mau tahu lebih banyak cara agar mobil kamu tetap prima? Simak aja tips berikut ini!

Baca Buku Manual

Setiap mobil akan menyertakan buku manual bagi pemiliknya. Tentu saja, buku tersebut untuk dibaca bukan untuk diabaikan.

Sebagai pemilik, kamu harus benar-benar membaca detil dari spesifikasi dan hal teknis menyangkut mobil kamu. Minimal kamu mengerti seperti apa mobil yang kamu miliki, karena tak kenal maka tak sayang.

Jangan Sampai Kering

Seperti halnya motor dan mesin lainnya, performa mobil sangat dipengaruhi oleh kualitas pelumasan dan suhu. Jadi, dalam perawatan mobil kamu harus perhatikan betul kondisi oli mesin, minyak rem, oli power steering, dan radiator mobil kamu untuk memperpanjang usianya agar tetap layak digunakan selama yang kamu mau. Pastikan oli dan cairan pendukung jangan sampai kering.

Cek Kondisi Ban

Mengingat kecelakaan mobil paling banyak disebabkan oleh kondisi ban yang tidak layak, maka kamu perlu melakukan pengecekan rutin terkait ban mobil kamu. Hal yang utama adalah mengetahui tekanan udara pada ban agar mobil bisa melaju dengan sempurna.

Selain itu, perhatikan permukaannya apakah masih mampu mencengkam aspal atau sudah botak. Yang tidak kalah penting, lakukan spooring dan balancing ban secara teratur.

Mainkan ‘Feeling’

Siapa bilang mengendarai mobil tidak pakai feeling? Kamu harus menggunakan feeling untuk mengetahui apakah mobil kamu benar-benar dalam kondisi normal atau tidak.

Pertajam feeling kamu terhadap getaran, bunyi-bunyian, dan pengoperasian. Jika dirasa ada yang kurang beres, sebaiknya langsung datangi mekanik untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada mobil kamu.

Tetap Terang

Lakukan pengecekan lampu interior dan eksterior mobil kamu secara berkala. Bagaimanapun juga, lampu-lampu yang ada bukan sekedar alat penerangan tetapi juga pendukung keselamatan.

Jika dirasa ada lampu yang kurang baik penerangannya, segera diganti. Jangan menunggu sampai benar-benar mati sehingga akan menyulitkan dan membahayakan kamu di kemudian hari.

Ajak Jalan Secara Rutin

Karena alasan kemacetan, banyak pemilik mobil lebih suka menggunakan transportasi umum dan membiarkan mobilnya di rumah. Hal ini memang bagus, tapi jika kamu benar-benar tidak menggunakannnya sama sekali selama berminggu-minggu, maka siap-siap saja akan ada kerusakan yang tidak kamu duga-duga, terutama dari sisi oli dan aki.

Sebaiknya, ajak jalan mobil kamu secara rutin. Paling tidak minimal satu minggu sekali, agar mesin-mesin terlalu dalam kondisi terlumasi dengan baik dan roda-roda tetap terotasi.

perawatan mobil

Jadi, demikian tips paling dasar dalam perawatan mobil kamu. Terutama bagi kamu yang awam sama sekali mengenai permesinan.

Minimal kamu bisa merawat dan tahu kondisinya, mobil kamu akan baik-baik saja. Jika tidak merasa pede untuk melakukan perbaikan secara mandiri, tidak ada salahnya gunakan jasa mekanik tepercaya.

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima Selama Social Distancing

Social distancing merupakan salah satu cara yang paling direkomendasikan dalam mengurangi tingkat penularan virus corona alias Covid-19. Jika kamu melakukan hal ini dengan berdiam...

Produsen Mobil Listrik Ini Berubah Jadi Pabrik Masker Terbesar di Dunia

Efek dari wabah virus corona hampir mengubah sektor bisnis, tak terkecuali industri otomotif. Di tengah kelangkaan masker, produsen mobil listrik China memutuskan untuk banting...

Italia Diserang Virus Corona, Pabrik Lamborghini Ditutup

Dengan korban meninggal mencapai lebih dari 1.000 orang, tentu saja wabah virus corona di Italia terasa seperti mimpi buruk. Meskipun begitu, sejumlah pabrik milik...

Wabah Corona Membuat Formula E Jakarta Ditunda

Sejak dinyatakan ada kasus pasien positif tertular virus corona atau COVID-19 di Indonesia, tentu sudah bisa dibayangkan akan banyak ajang bertaraf internasional di negeri...

Apa sih Manfaat Tes Psikologi untuk Pemohon SIM Baru?

Tes Psikologi kini telah diterapkan di berbagai Satpas SIM dan sejumlah layanan SIM keliling dan gerai SIM untuk permohonan SIM maupun perpanjangan SIM. Sebenarnya,...