Tilang Elektronik Belum Bikin Pengendara Sepeda Motor Patuh Lalu Lintas

- Advertisement -

Tilang elektronik atau Eletronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi pengendara sepeda motor baru saja diberlakukan pada Sabtu (1/2/2020) lalu. Begitu diberlakukan ternyata langsung meraup banyak pelanggar.

Ya, dikabarkan ada sebanyak 167 pelanggaran yang terjadi ketika hari pertama tilang elektronik diberlakukan. Hal ini seperti diungkapkan Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar.

“Jumlah pelanggaran sepeda motor yang ter-capture kamera ETLE ada sebanyak 167, pada masa sosialisasi 1 Februari 2020,” ujarnya seperti dikutip RoadSafetyMagz dari Antara.

Dari empat lokasi yang diberlakukan, pelanggaran paling banyak yang dilakukan adalah melintas jalur busway Transjakarta, yakni sebanyak 88 pelanggar. Di jalur buway Duren Tiga Koridor 6 Transjarta, ada sebanyak 57 pelanggaran yang terdiri dari 55 pengendara yang melintas jalur steril tersebut dan dua pengendara yang tidak mengenakan helm.

Meskipun tertangkap kamera ETLE, menurut Fahri, para pengendara tersebut tidak didenda selama masa sosialisasi berlangsung. Jadi bagi pelanggar saat itu masih hanya didata saja oleh petugas.

Berkat Tilang Elektronik Jumlah Pelanggar Menurun

Nah, meskipun Ditlantas Polda Metro Jaya telah memberlakukan penilangan mulai Senin (3/1/2020), rupanya tidak membuat pengendara motor patuh sepenuhnya. Meskipun ada saja pelanggar, namun dari sisi jumlah diakui Fahri menurun.

“Jumlah pelanggaran yang tertangkap kamera pada 4 Februari 2020 dibandingkan dengan tanggal 3 Februari mengalami penurunan sebanyak 4 pelanggaran atau sebanyak 2,4%,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini jumlah pelanggaran yang paling banyak terjadi berada di jalur Transjakarta di Halte Imigrasi dengan jumlah sebanyak 53 pelanggar. Dengan begitu, tentu saja mereka akan mendapatkan surat berisi bukti pelanggaran yang dilakukan dan jumlah yang harus dibayarkan.

Jika tilang elektronik tidak dibayarkan, maka seperti pada kendaraan roda empat, pihak Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan pemblokiran STNK. Wih, ngeri banget ya!

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima Selama Social Distancing

Social distancing merupakan salah satu cara yang paling direkomendasikan dalam mengurangi tingkat penularan virus corona alias Covid-19. Jika kamu melakukan hal ini dengan berdiam...

Produsen Mobil Listrik Ini Berubah Jadi Pabrik Masker Terbesar di Dunia

Efek dari wabah virus corona hampir mengubah sektor bisnis, tak terkecuali industri otomotif. Di tengah kelangkaan masker, produsen mobil listrik China memutuskan untuk banting...

Italia Diserang Virus Corona, Pabrik Lamborghini Ditutup

Dengan korban meninggal mencapai lebih dari 1.000 orang, tentu saja wabah virus corona di Italia terasa seperti mimpi buruk. Meskipun begitu, sejumlah pabrik milik...

Wabah Corona Membuat Formula E Jakarta Ditunda

Sejak dinyatakan ada kasus pasien positif tertular virus corona atau COVID-19 di Indonesia, tentu sudah bisa dibayangkan akan banyak ajang bertaraf internasional di negeri...

Apa sih Manfaat Tes Psikologi untuk Pemohon SIM Baru?

Tes Psikologi kini telah diterapkan di berbagai Satpas SIM dan sejumlah layanan SIM keliling dan gerai SIM untuk permohonan SIM maupun perpanjangan SIM. Sebenarnya,...