• March 31, 2020

Tilang Elektronik Juga Bakal Diberlakukan di Jalan Layang Non-Tol

tilang elektronik

Dalam rangka memperluas penerapan tilang elektronik Eletronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jakarta, Ditlantas Polda Metro Jaya berencana menambah titik yang akan diawasi kamera CCTV. Adapun kawasan yang dipilih adalah Jalan Layang Non-Tol (JLNT) di beberapa tempat.

Hal ini seperti diungkapkan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, dalam keterangan resminya, Kamis (6/2/2020). Menurutnya, pemasangan kamera CCTV untuk tilang elektronik akan digelar di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang (Casablanca), Antasari, dan Daan Mogot.

“Tiga JLNT tersebut pelanggarannya cukup tinggi, khususnya bagi para pengendara sepeda motor,” ujarnya.

Seperti ramai diberitakan, memang banyak penggendara motor yang nekat melintas jalur JLNT, meskipun telah ada rambu larangannya. Adanya kecelakaan yang mematikan dan serbuan polisi yang melakukan penilangan tampaknya tidak membuat kapok.

Yusuf menambahkan, saat ini penetapan sistem tilang elektronik sifatnya masih portable belum permanen. Penambahan ini merupakan tindak lanjut dari penerapan tilang elektronik bagi pengendara motor yang telah digelar sejak 1 Februari 2020 kemarin.

Jika pengendara motor tertangkap kamera CCTV telah melakukan pelanggaran, nantinya akan dikirimkan surat tilang ke rumah berikut bukti screen capture dari aksi pelanggarannya tersebut. Jika tidak melakukan pembayaran atas tilang yang telah dikenakan, maka STNK pelanggar akan diblokir.

Read Previous

Tips Perawatan Mobil untuk Pemula Agar Performa Tetap Terjaga

Read Next

IIMS 2020 Siap Digelar 9-19 April 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *